Penjualan merupakan salah satu elemen terpenting dalam sebuah bisnis.
Tanpa penjualan, maka tidak ada bisnis. Penjualan yang bagus juga
didukung oleh pemasaran / promosi yang efektif. Tahukah anda bahwa
promosi yang kreatif dan sedikit tidak lazim dapat dengan cepat
melonjakkan penjualan produk anda?
Nah, berikut ini ada beberapa tips pemasaran / promosi kreatif yang
Insya Allah bisa membantu meningkatkan penjualan bisnis anda. Mau tau?
Berikut ini beberapa diantaranya:
1. Bikin sebuah produk edisi khusus dengan jumlah terbatas
Misalnya bisnis anda adalah menjual busana. Nah, bikin sebuah produk
ekslusif berkualitas tinggi (ini penting! Jangan berkualitas seadanya)
dengan harga premium yang hanya anda produksi terbatas (misalnya hanya
20 potong). Jika bisnis anda sebelumnya sudah punya pelanggan setia,
tentunya mereka tidak akan keberatan untuk membeli produk eksklusif
tersebut. Dan jika memang nantinya produk itu habis dalam waktu singkat,
anda dapat mengulang strategi tersebut di kemudian hari, tetapi setelah
rentang waktu yang cukup lama.
2. Berikan souvenir yang dapat dikumpulkan dan berhadiah heboh
Maksudnya adalah dari setiap penjualan produk kepada pelanggan, anda
memberikan sebuah souvenir atau kenang – kenangan yang unik yang dapat
dikumpulkan oleh pelanggan anda sampai batas waktu yang anda tentukan.
Souvenir tersebut tidak harus mahal. Bisa berupa gantungan kunci dengan
brand anda, jepit kuku, pembuka botol atau apapun yang unik! Contoh yang
bagus dari kasus ini adalah Steak Hotel by Holycow. Para Carnivores
(sebutan untuk para pelanggan mereka) yang makan di Holycow dianjurkan
untuk mengumpulkan sebuah bendera kecil yang berlambangkan logo Holycow
sebanyak – banyaknya untuk memenangkan sebuah hadiah yang heboh. Apa
hadiahnya? Jalan – jalan ke Singapura melihat pembukaan cabang ketiga
Holycow! Kan heboh tuh…!!! Udah gitu, pemenangnya tidak diundi, tapi
dilihat berdasarkan siapa yang paling banyak mengumpulkan bendera
tersebut. Uang saku, biaya perjalanan dan hotel semua ditanggung
Holycow. Nah, anda juga bisa mengadaptasi strategi tersebut untuk bisnis
anda
3. Promosi berdasarkan umur
Jika anda ingin memberikan potongan harga atau diskon pada produk
yang anda miliki, gunakan diskon sesuai dengan usia pelanggan pada saat
mereka membelinya. Dijamin heboh! Seperti yang pernah dilakukan oleh
brand lokal Sour Sally yang menjual frozen yoghurt. Ceritanya, dua hari
sebelum Sour Sally merayakan ulang tahunnya, direktur pemasaran Sour
Sally mengirim satu kali SMS ke lima nomor ponsel pelanggan Sour Sally
di empat kota besar serta satu kali tweet melalui Twitter yang
menginformasikan pemberian diskon sesuai dengan umur pelanggan. Walhasil
pada hari ‘H’ nya semua outlet Sour Sally di Indonesia mengalami
antrian panjang yang cukup heboh. Bahkan, lucunya sampai yang sudah
kakek nenek juga ikut ngantri demi mendapatkan diskon tersebut.
4. Kemasan tidak harus mahal
Anda ingin produk anda dikemas dengan kemasan yang unik dan menarik,
tapi pusing memikirkan biayanya yang cukup tinggi? Coba trik promosi
yang satu ini. Anda beli kemasan yang anda inginkan dalam kondisi polos
(tidak ada logo, tulisan atau apapun…yang penting polos), kemudian anda
beli atau buat sebuah cap yang berlogo unik atau berlogo bisnis anda
dengan ukuran yang cukup besar. Beli inkpad dengan warna cerah seperti
merah, pink, hijau dsb. Selanjutnya, anda tinggal memberi cap untuk
setiap kemasan produk yang hendak anda jual pada pelanggan anda. Kan
unik tuh! Plus hemat lagi Cap ini akan lebih bagus jika bahan dasar
kemasan tersebut terbuat dari kertas.
5. Brosur dengan daya tarik yang unik
Misalkan anda berniat untuk menyebarkan brosur tentang bisnis anda,
nah buatlah brosur anda tersebut seunik mungkin sehingga memaksa orang
untuk membacanya sampai tuntas. Contoh kasus berikut ini mungkin bisa
menjadi inspirasi yaitu bagaimana sebuah bisnis cukur rambut (barber
shop) yang ada di Amerika yang bernama 7th South of Hair yang sudah
hampir bangkrut tidak bisa menghasilkan arus kas yang positif, apalagi
menghasilkan profit. Akhirnya melalui sebuah agensi periklanan, mereka
segera merancang program marketing yang terbilang unik, yaitu dengan
mencari gambar – gambar orang yang terkenal dengan potongan rambut yang
acak – acakan. Misalnya, foto Albert Einstein dikemas dalam bentuk
poster dan mempunyai slogan yang cukup ‘jahil’: “Potongan rambut seperti
ini akan membuat orang yang pintar pun menjadi kelihatan bodoh.” Atau
slogan lainnya dengan gambar uang kertas yang memuat seorang tokoh yang
juga mempunyai rambut yang ‘berantakan’: “Potongan rambut seperti ini
akan membuat Anda hilang dari peredaran…”. Dengan kampanye marketing
yang unik seperti itu akhirnya bisnis tersebut pun kembali bangkit dan
menghasilkan profit dalam waktu yang singkat.
6. Mendatangkan kerumunan orang dengan cepat
Inti dari promosi ini adalah bagaimana mendatangkan orang ke tempat
anda dengan cepat agar dapat anda menginformasikan tentang penawaran
bisnis anda. Misalnya anda menjual busana, kerajinan, atau apapun juga
di rumah anda, nah… coba anda buat sebuah acara makan skala kecil. Masak
ikan atau ayam bakar atau sate atau apapun yang bisa dimasak di halaman
rumah anda dan undang tetangga sekitar yang lewat atau kalau perlu
telepon mereka agar datang dan menikmati ‘pesta’ kecil anda. Sambil
ngobrol – ngobrol ringan, berikan informasi tentang bisnis anda. Lebih
bagus jika anda mempunyai brosur. Cara ini dijamin akan cepat
menyebarkan informasi tentang bisnis anda kepada lebih banyak orang.
Contoh kasusnya adalah sebuah Bank yang berlokasi di Seattle, Washington
Amerika sana. Mereka selalu mengadakan pesta barbekyu setiap hari Jumat
sore. Sambil sang manajer bank memasak hot dog dan hamburger, banyak
dari pelanggan mereka yang akhirnya mampir dan ngobrol dan kemudian
menerima informasi tentang produk dari bank tersebut.
7. Menjual produk sampingan yang lagi ‘hot’
Jika bisnis anda belum begitu dikenal, coba strategi yang satu ini.
Jual produk lain yang lagi trend saat itu dan digandrungi oleh orang
dewasa maupun anak –anak, tetapi tidak berhubungan dengan produk / jasa
yang anda jual. Misalnya bisnis anda adalah menjual bunga. Nah agar
semakin banyak dikenal, coba anda jual misalnya mainan boneka dari tokoh
terkenal seperti Mickey Mouse, Winnie the Pooh, Angry Birds dan
sebagainya. Pasang iklan kecil di koran yang menerangkan bahwa toko anda
menjual barang tersebut pada hari Kamis mulai jam 8:00 pagi. Atau anda
bisa juga membuat pengumuman di sebuah spanduk yang dapat anda
gantungkan di depan toko anda yang menerangkan informasi yang sama.
Intinya adalah anda harus mengetahui terlebih dahulu produk – produk
yang sedang trend pada saat itu dan bagaimana anda bisa memanfaatkannya
untuk mendatangkan pelanggan ke toko anda.
Itulah beberapa tips promosi kreatif dan mungkin sedikit tidak lazim,
yang bisa membuat penjualan produk atau jasa anda meningkat. Promosi
tidak harus dengan memasang iklan mahal di berbagai media. Dengan trik
diatas, anda dapat menghemat ratusan ribu atau bahkan jutaan rupiah
untuk mempromosikan bisnis anda. Dengan cara – cara diatas, anda juga
bisa dengan cepat meledakkan penjualan produk / jasa anda. Nah sekarang,
cara bagaimana yang akan anda adaptasi?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar